Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Olahraga untuk Kecantikan Kulit

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Selain berfungsi
menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, rutin berolahraga juga memiliki dampak positif pada kulit. Dikutip dari WebMD, menurut Ellen Marmur, Profesor Dermatologi dari Mount Sinai School of Medicine, olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga kulit tampak lebih sehat dan berkilau. Olahraga juga dipercaya efektif memperlambat penuaan sel dan memperbaiki hormon dalam tubuh.
Yuk, simak lebih lanjut manfaat olahraga untuk kulit!

 

Kulit Sehat dan Bercahaya

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan
oksigen ke seluruh tubuh secara merata. Pasokan oksigen yang diterima secara merata oleh semua sel kulit ini membuat kulit tampak sehat dan bercahaya.

 

Mencegah Timbulnya Jerawat

Menurut Dr. Nissan Pilest, Asisten Profesor Dermatologi dari University of California-Irvine,
olahraga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang dapat membuat seseorang merasa bahagia. Tingginya hormon endorfin sekaligus menekan jumlah hormon kortisol sebagai salah satu penyebab stres dan munculnya jerawat.
Tak hanya itu, jerawat juga muncul karena pori-pori yang tersumbat. Entah itu tersumbat oleh debu, kotoran, atau bahkan toksin dalam tubuh. Dengan rutin berolahraga, zat dan partikel penyumbat pori ini bisa dikeluarkan lewat produksi keringat dan minyak dari tubuh.
Meski kotoran berhasil dikeluarkan dari wajah, bukan berarti Anda akan terbebas 100 persen dari jerawat. Sebab, keringat dan minyak yang masih menempel di wajah justru dapat menjadi penyebab baru timbulnya jerawat. Jadi setelah berolahraga, jangan malas mandi dan membersihkan wajah, ya!

 

Anti-aging

Salah satu manfaat mengagumkan dari olahraga rutin adalah membuat kulit tampak lebih muda.
Sebuah penelitian dari McMaster University Ontario menyebutkan seseorang yang rutin berolahraga setidaknya selama tiga jam dalam seminggu memiliki kulit yang lebih muda dibanding dengan mereka yang berolahraga kurang dari satu jam tiap minggunya.
Hal ini disebabkan karena olahraga dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga membuat kulit tampak lebih kencang dan elastis.
Agar kecantikan kulit semakin maksimal, jangan lupa mengimbangi olahraga dengan rutin minum air putih setidaknya 1,8 liter per hari.
Selalu gunakan Melanox Face UV Protector SPF 30 PA++ untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV-A dan UV-B, terlebih saat berolahraga di luar ruangan.