Yuk, Susun Resolusi Kesehatan untuk Memulai 2019

Yuk, Susun Resolusi Kesehatan untuk Memulai 2019

New year, new me! Ungkapan itu seringkali muncul di awal tahun sebagai penyemangat diri agar menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Salah satu upaya mewujudkannya adalah dengan menyusun resolusi.

Selain resolusi untuk mendapat karir impian, keinginan untuk hidup lebih sehat juga banyak dipilih. Sayangnya, tidak sampai memasuki bulan kedua, banyak yang menyerah untuk konsisten menjalani resolusi tersebut. Alasannya bisa jadi karena resolusi yang dibuat terlalu berat, contohnya diet ketat untuk mengurangi berat badan.

Karena itu coba membuat resolusi kesehatan dari hal kecil dulu agar lebih mudah dijalankan. Yuk intip resolusi kesehatan apa saja yang mudah dijalani, tapi memiliki dampak besar untuk kesehatan tubuh dan kulitmu.

Perbanyak Air Putih

Tubuh manusia 60 persennya terdiri dari cairan. Itu berarti setidaknya dalam sehari tubuh membutuhkan 6-8 gelas air putih untuk menjaga keseimbangan cairan di tubuh. Cairan tersebut berfungsi untuk mengangkut nutrisi, menjaga suhu tubuh, membantu proses pencernaan, serta menjaga kinerja otak agar selalu fokus. Tak hanya itu, dikutip dari PopSugar, Craig Shishido seorang Ahli Estetika Medis dari Gentle Star Medspa San Francisco menjelaskan rutin minum air putih dapat membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

Stop Makanan Instan dan Kalengan

Alasan kepraktisan kadang membuat kita lebih memilih mengonsumsi makanan instan, kalengan atau junk food. Padahal makanan instan identik dengan bahan pengawet untuk menjaga kualitas produknya agar lebih tahan lama. Memang bahayanya tidak bisa langsung terasa, namun jika dikonsumsi terus menerus makanan instan bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker, stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, bahkan bisa menyebabkan kerusakan otak. Mulailah untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah segar yang mengandung antioksidan, phytonutrients, vitamin, dan mineral yang tentunya baik untuk tubuh.

Tidur Lebih Teratur

Siapa di sini yang masih suka begadang? Entah itu karena mengerjakan tugas, nonton serial drama, atau hanya scrolling media sosial semalam suntuk. Kebiasaan buruk ini membuat tubuh kurang mendapatkan waktu istirahatnya untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Selain bisa mengganggu mood dan menyebabkan mata panda, kurangnya waktu tidur juga bisa menyebabkan obesitas dan diabetes tipe 2. Coba mulai lebih teratur dalam mengatur jam tidur setidaknya 8 jam per hari.

Jangan Malas Bergerak

Ahli jantung dari John Hopkins School of Medicine, Chiadi E. Ndumele menjelaskan orang yang aktif bergerak cenderung lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung. Karena itu, mulai ubah kebiasaan seperti membiasakan untuk jalan kaki jika jaraknya tidak terlalu jauh atau lebih sering menggunakan tangga dibanding eskalator atau lift. Olahraga ringan juga dianjurkan seperti berjalan kaki setidaknya 30 menit per hari.

Jangan Lupa Liburan

Resolusi sehat bukan hanya fisik saja, mental juga perlu dibuat sehat, lho! Sebagai reward pada diri sendiri karena biasa berkutat pada rutinitas yang padat dan menjenuhkan, tidak ada salahnya pergi liburan setidaknya sekali dalam setahun. Menurut psikolog klinis Peter Kanaris, PhD, liburan baik untuk kesehatan jiwa dan raga karena bisa membuat seseorang merasa terlahir kembali dan memberikan kesempatan diri untuk menjelajahi hal-hal baru.

Selalu Gunakan Sunscreen

2019 harus memiliki kulit yang lebih sehat, ya! Mulailah dengan rutin mengaplikasikan sunscreen setiap hari sepanjang tahun. Jangan salah, walaupun cuaca mendung atau sedang berada di dalam ruangan, Anda tetap harus menggunakan sunscreen karena sinar matahari bisa masuk melalui jendela dan ventilasi.

Penggunaan sunscreen seperti Melanox Premium Skin UV Protector dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV-A dan UV-B yang dapat menyebabkan penuaan dini. Kandungan bahan alami Sodium carboxymethyl betaglucan, ekstrak teh hijau dan vitamin E mampu membantu memperlambat tanda penuaan dan menjaga kelembapan serta elastisitas kulit. Melanox Premium Skin UV Protector juga diperkaya C-Bright Complex dengan kandungan vitamin C, ekstrak pepaya dan lemon yang mampu menjaga kulit tetap halus, lembut dan tampak putih berseri.