Inilah 5 Penyebab Kantung Mata dan Tips Mengatasinya

Inilah 5 Penyebab Kantung Mata dan Tips Mengatasinya

Ada beberapa penyebab kantung mata membesar dan menghitam yang seringkali tidak disadari. Walaupun memang tidak berbahaya atau menimbulkan rasa sakit, kantung mata ini bisa membuat kamu merasa tidak percaya diri karena membuat wajah tampak lelah dan tua. Secara umum, kantung mata ini terjadi karena dua kondisi dermatologis:

  • Penipisan kulit di bawah mata yang membuat pembuluh darah tampak lebih terlihat.

  • Mata bengkak yang mengakibatkan munculnya bayangan gelap di bawah mata.

Kamuperlu mengetahui dulu penyebab kantung mata agar bisa mengatasinya dengan baik. Terangkum dari berbagai jurnal kesehatan, berikut ini beberapa penyebabnya:

  • Kurang istirahat tidur secara maksimal

Kurangtidur atau kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan kulitmu menjadi pucat. Kemudian, kondisi ini menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit menjadi lebih jelas, lalu membuat lingkaran hitam pada mata lebih jelas. Secara umum, dibutuhkan waktu tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam setiap malam untuk membantu mengurangi munculnya kantung mata atau lingkaran hitam.

  • Kondisi alergi dan pengaruhnya pada mata

Alergi dan mata kering juga dapat menyebabkan lingkaran hitam, lho. Mungkin belum banyak yang tahu saat kamu memiliki reaksi alergi, tubuh melepaskan histamin yang menyebabkan gatal dan kemerahan di mata. Kamu jadi lebih sering menggosok mata, sehingga meningkatkan risiko iritasi, bengkak, dan munculnya kantung mata maupun lingkaran hitam. Disarankan mengonsumsi antihistamin, seperti Benadryl atau Zyrtec, untuk membantu mengurangi gejala alergi. Tapi jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya.

  • Kekurangan zat besi dan anemia

Anemia merupakan kondisi medis yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang tidak mencukupi. Pada kondisi ini, sel darah tidak dapat membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh, termasuk di bawah mata. Hal ini dapat menyebabkan kantung lingkaran hitam pada mata. Tanda-tanda anemia antara lain kelelahan, pusing, dan kulit pucat. Konsumsilah makanan yang sehat dan kaya zat besi, seperti bayam, kacang-kacangan, dan daging merah.

  • Mengalami proses penuaan

Seiring bertambahnya usia, jaringan di sekitar mata mulai menipis lalu bisa membuatnya terlihat membesar dan bengkak. Ada beberapa prosedur medis yang secara khusus untuk mengatasi hal ini, tetapi risikonya lebih besar daripada mencegah sejak dini. Ada baiknya kamu memilih skincare dengan kandungan terbaik dan berkualitas untuk mengatasi kantung mata ataupun lingkaran hitam. Rutinitas menggunakan skincare yang bagus juga membantu kamu menangani penuaan dini, seperti adanya kerutan atau garis halus pada kulit.

Faktor genetik atau keturunan

Selain faktor eksternal seperti lingkungan, penyebab kantung mata juga bisa adanya faktor genetik atau keturunan. Genetik dapat menentukan beberapa faktor yang berkontribusi adanya kantung mata seperti kadar kolagen dan produksi melanin. Kolagen adalah protein dalam tubuh yang membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan. Sementara itu, melanin adalah pada pigmen coklat tua atau hitam di kulit. Kamu hanya perlu menjaganya agar tidak menjadi lebih bengkak ataupun semakin hitam.


Itulahpenyebab kantung mata dan masing-masing cara mengatasinya. Selalu dapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas dan redakan kantung mata hitam kamu dengan Melanox. Penting buat kamu tahu nih, Melanox Premium Double Power For Eyes (Melanox Duo) memiliki beragam manfaat yang menggabungkan dua fungsi ke dalam satu kemasan, yaitu Melanox Premium Eye Serum dan Melanox Premium Eye Cream. Roll-on gel pada produk ini dapat mengencangkan sekaligus menyegarkan daerah sekitar mata. Krim pada aplikator berguna untuk melembabkan serta mengurangi tampilan rona gelap di bawah mata.