FAKTA DAN CARA PENCEGAHAN PENUAAN DINI

 FAKTA DAN CARA PENCEGAHAN PENUAAN DINI

Umumnya Penuaan dini atau Penuaan Kulit adalah Proses alamiah yang terjadi seiring waktu bertambahnya usia. Tetapi Penuaan dini bisa terjadi dengan Kebiasaan dan aktivitas sehari-hari kita, yang bisa membuat penuaan dini lebih cepat dari usia seharusnya. Jadi ini kebiasaan dan aktivitas yang harus dikurangi dan dihindari. 

1. Menua

Penuaan dini biasa terjadi umur 25 tahun, yang biasanya wrinkles atau keriput mulai bermunculan di karenakan faktor usia dan perubahan dari struktur kulit yang mana kehilangan protein alami seperti colagen dan elastin yang bertugas untuk menjaga struktur dan elastisitas kulit.

Walaupun penuaan dini biasa terjadi pada umur 25 tahun, kita bisa mencegah nya, dengan memiliki 3 prinsip yang harus dilakukan yaitu menghindari kebiasaan buruk, melakukan perawatan kulit dengan baik, dan menerapkan pola hidup sehat. Ketiga prinsip tersebut harus diterapkan bersama-sama dan sedini mungkin dan juga secara rutin.

2. Makan Junk food 

Diera Milenial Junk food adalah salah satu pilihan makanan yang paling digemari meski banyak yang menganggap Junk food atau makanan cepat saji yang memiliki gizi rendah dan tinggi MSG (monosodium glutamat). Kandungan Zat yang ditambahkan didalam Junk food memiliki citarasa yang bersifat adiktif yang memiliki efek toksik dalam tubuh. 

Bukan hanya itu, kandungan yang ditemukan didalam Junk food yaitu lemak trans. Lemak trans dikenal dapat menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL), menurunkan kadar kolesterol baik (HDL), hingga bisa menyebabkan meningkatkan risiko penyakit jantung. Dan tentunya Lemak trans bisa memperkeras arteri atau menyempitkan pembuluh darah yang bisa melemahkan aliran darah ke kulit yang menyebabkan penuaan dini dan kerutan 

Maka kita harus pintar untuk memilih makanan yang penuh nutrisi dan bergizi, tidak hanya membuat tubuh kuat, tetapi bisa membuat kulit wajah kita lebih sehat, dengan cara mengkonsumsi nutrisi dalam makanan seperti antioksidan dan lemak sehat memiliki fungsi dalam menjaga kulit tetap terhidrasi, kencang, dan bercahaya, dengan begitu bisa membuat kulit wajah kita terhindar dari penuaan dini.

3. Kurang tidur dan begadang 

Dimasa pandemik ini banyak sekali Mahasiswa atau Pekerja Kantoran sering begadang atau kurang tidur dikarenakan Tugas/Pekerjaan yang masih harus dikerjakan. Yang mana harus diketahui kurang tidur tidak hanya membuat lingkaran kantong mata menjadi lebih gelap, tetapi bisa membuat tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, dan bintik hitam pada kulit.  Dan juga kurang tidur bisa menyebabkan penurunan kemampuan alami kulit dalam menghadapi sinar matahari yang berbahaya.

Dengan begitu pencegahan yang bisa kita lakukan pada kulit dengan mengubah kebiasaan buruk dengan mencoba untuk mengatur pola tidur yang baik, dan membuat to do list agar tidak membuat kita kewalahan mengerjakan Tugas/Pekerjaan. Selain itu agar kulit tetap awet sebaiknya kita melakukan perawatan kulit dengan menggunakan skincare yang didalamnya mengandung lidah buaya.dan  melakukan terapi lintah. Ada juga cara alami dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti madu dan air beras.

4. Terpapar sinar matahari 

Kita sering sekali beraktivitas pada siang hari yang tanpa kita sadari bahwa kita terpapar sinar matahari. perlu di ketahui sinar matahari sangat berpengaruh bagi penurunan kesehatan kulit. Paparan sinar matahari mengandung sinar UltraViolet (UV) yang merusak jaringan elastin pada kulit, yang membuat kulit menjadi mudah keriput, kusam, dan bisa menyebabkan resiko kanker kulit. 

Menghindari terpaparnya sinar matahari kita harus sering menggunakan tabir surya (SunScreen) yang didalamnya mengandung kadar SPF, Agar lebih terjaga dengan baik gunakan produk Melanox Face UV Protector yang diformulasikan khusus untuk melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar ultra violet matahari. Yang mana Melanox Face UV Protector mengandung bahan alami Sodium carboxymethyl betaglucan, ekstrak teh hijau dan vitamin E yang memberikan perlindungan pada kulit sehingga mampu memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan dini, menjaga kelembaban serta elastisitas kulit, dan diperkaya dengan Melanox C-BrightTM  complex yang mengandung vitamin C, ekstrak pepaya dan ekstrak lemon yang menjaga kulit agar tetap halus, lembut, dan tampak putih berseri. Yang sangat berpengaruh untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang jahat, dan mengurangi penuaan dini.