Jangan Lupa Mencuci Muka Sebelum Tidur, Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan!

Jangan Lupa Mencuci Muka Sebelum Tidur, Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan!

Banyak orang yang sering lupa membersihkan wajahnya setelah beraktivitas sepanjang hari. Padahal, setelah beraktivitas seharian akan ada banyak kotoran dan debu di wajah yang bisa menyebabkan kuman dan bakteri menempel pada kulit wajah yang nantinya bisa menyebabkan masalah pada kulit, mulai dari jerawat, kulit kusam, penuaan dini, dan masih banyak lagi. 

Oleh karena itu, penting bagi kamu mencuci muka dengan cleanser pembersih wajah sebelum tidur. Agar kamu makin semangat dan rajin mencuci wajah sebelum tidur, di bawah ini adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin mencuci wajah sebelum tidur di malam hari.

1. Mencegah Infeksi Mata

Bukan hanya untuk kesehatan kulit, ternyata mencuci muka sebelum tidur juga bisa mencegah infeksi pada mata. Apalagi jika dalam beraktivitas kamu menggunakan eye makeup seperti maskara, eyeliner, atau eyeshadow, dan sebagainya.

Jika kamu membiarkan maskara dengan bahan kimia semalaman menempel di bulu matamu, maka bulu matamu bisa cepat rontok dan renggang. Sama dengan ketika kamu menggunakan eyeliner dan eyeshadow, jika dibiarkan semalaman maka bisa membuat iritasi atau infeksi pada mata.

2. Menjaga Kelembaban Kulit

Dengan mencuci muka sebelum tidur di malam hari, kamu juga bisa menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal dan sehat. Di mana, pada siang hari, kulit kamu akan terkena paparan debu, polusi, hingga sinar UV yang menimbulkan berbagai masalah kulit, salah satunya kulit kering. 

Namun, dengan mencuci muka sebelum tidur, kamu telah membersihkan kotoran yang menempel dan mengembalikan kadar air yang dimiliki kulit agar tetap lembap.

3. Mengurangi Risiko Munculnya Jerawat

Masalah kulit yang paling sering dialami oleh orang yang tidak membersihkan wajahnya sebelum tidur adalah jerawat. Dengan membiarkan makeup atau debu yang menempel di wajah semalaman bisa membuat pori-pori tersumbat dan mengundang banyak bakteri untuk berkembang dalam kulit. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Bukan hanya jerawat, tapi  blackhead dan whitehead pun bisa muncul jika kamu selalu melewati rutinitas cuci muka sebelum tidur. Jadi, mulai sekarang, pastikan kamu tidak melewatkan untuk mencuci muka sebelum tidur demi mengurangi risiko masalah pada kulit.

4. Membersihkan Pori-Pori Kulit

Mencuci muka sebelum tidur bisa membersihkan kulit secara menyeluruh, hingga ke lapisan pori-pori. Sehingga, pori-pori tidak akan tersumbat dan menyebabkan masalah kulit. DI mana, pori-pori tersumbat bisa membuat produksi sebum atau minyak wajah berlebih, yang mengakibatkan datangnya jerawat, komedo ataupun whitehead. 

5. Melawan Kulit Kusam

Dengan mencuci muka sebelum tidur juga bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat kotoran, debu, polusi, dan sisa makeup yang menempel di siang hari. Cobalah untuk rutin mencuci muka setiap sebelum tidur dengan gerakan yang lembut dan tidak terburu-buru. Jika kamu melakukan ini, maka rutinitas mencuci mukamu akan sia-sia dan membuat kulit wajah menjadi kasar, kering, hingga iritasi. Lakukan dengan gerakan memutar sambil memijat lembut, sehingga otot pada wajah menjadi rileks dan terjaga elastisitasnya.

6. Meningkatkan Proses Penyerapan Skincare

Nah, bagi kamu yang rutin menggunakan skincare, pastikan juga untuk mencuci muka sebelum mengaplikasikan skincare pada kulitmu. Karena, jika kamu menggunakan skincare tanpa mencuci muka terlebih dulu, proses penyerapan skincare tersebut tidak bekerja maksimal. Sisa makeup atau kotoran yang menempel pada wajah akan membuat skincare kurang terserap sempurna. 

Nah, itulah beberapa manfaat mencuci muka sebelum tidur yang bisa kamu rasakan. Pastikan juga kamu memilih cleanser atau sabun pencuci muka dengan tepat seperti Melanox Premium Facial Cleansing Gel yang terbukti lembut dan efektif mengangkat kotoran pada kulit.

Di mana, Melanox Premium Facial Cleansing Gel juga mengandung bahan alami Sodium carboxymethyl beta glucan, ekstrak teh hijau, dan pelembab lainnya yang bisa melindungi kelembapan kulit. Jadi, jangan lupa untuk lakukan rutinitas mencuci muka dengan Melanox Premium Facial Cleansing Gel sebelum tidur ya!